Sabtu, 06 Agustus 2011

Seminar Hasil Penas di Sidrap
SIDRAP, UPEKS--Untuk mengevaluasi hasil Pekan Nasional (Penas) XIII, yang diikuti sejumlah anggota KTNA dan instansi terkait dari Sidrap di Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim, akhir pekan lalu, hasilnya diseminarkan.
Sekkab Sidrap, H Ruslan SH MAP, menyampaikan ucapan terima kasih kepada perwakalin asal Sidrap yang telah menyumbangkan tenaga, pikiran, dan waktu dalam mengikuti Penas tersebut dengan baik.
Penas tersebut, bertujuan meningkatkan motivasi dan kegairahan petani, nelayan dan juga pelaku agribisnis dalam pembangunan sistem usaha agribisnis yang berdaya saing, berkerakyatan, berkelanjutan melalui kemitraan dan saling menguntungkan serta menumbuh kembangkan minat petani dan nelayan.
Dalam cara Penas di Tanggarong itu, sebagai ajang untuk saling memberikan pembelajaran antar sesama peserta, bertukar informasi dan pengalaman antara petani tanaman pangan, perkebunan, kehutanan, peternakan, nelayan, peneliti, penyuluh dari pihak swasta dan pemerintah untuk membangkitkan semangat, tanggung jawab serta kemandirian bagi petani nelayan.
"Pada acara Penas kemarin, tentu ada beberapa teknologi yang dapat diadopsi sekaligus diaplikasikan di lapangan, untuk dikembangkan dan bermanfaat bagi di daerah kita, khususnya bagi petani dan nelayan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan nelayan di daerah ini," jelas Ruslan.
Dalam acara seminar itu, para peserta diberikan kesempatan menyampaikan hasil yang didapatkan dari Penas di Tenggarong. Secara bergilir yang tampil menyampaikan pemaparan mereka terkait hasil Penas adalah  Ketua KTNA Sidrap, Dinas Pertanian dan Perkebunan, Dinas Peternakan dan Perikanan, Dinas Kehutanan, Pertambangan dan Energi , Dinas PSDA dan Badan Penyuluh dan Ketahanan Pangan.
Sementara Kadis PSDA Sidrap, Ir H Imran Abidin MSi, dalam kesempatan itu menyampaikan bahwa saat ini terjadi perbaikan tanggul yang bobol beberapa waktu lalu. Imran mangakui bahwa perbaikan tanggul dilaksanakan lebih cepat dari jadwal.
Selanjutnya Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan, Ir H Abd Azis MM, menyampaikan bahwa ayam gaga asal Sidrap yang dipamerkan serta dipersentasekan di Penas, mendapat penghargaan. Dan penghargaan itu diterima Gubernur Sulsel, H Syahrul Yasin Limpo.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar